Rabu, 12 Juni 2013

GREAT TEACHER Een Sukaesih

My Inspiration .... Een Sukaesih

“ She’s Not a Good Teacher but She’s a GREAT Teacher “

Een Sukaesih, mungkin tidak banyak orang yang mengenalnya. Sosok yang sangat menginspirasi buat saya pribadi dan mungkin bagi semua orang yang tau akan beliau. Ya...beliau adalah seorang Guru Besar buat saya, meski beliau tidak secara langsung diajar olehnya. Mungkin dialah sosok KARTINI sesungguhnya pada masa ini “
Een Sukaesih tinggal di Dusun Batukarut, RT01 RW06, Desa Cibereum Wetan, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat. Warga mengenal baik sosok ‘Ibu Guru’ istimewa ini. Ya, karena ia seorang luar biasa, umumnya orang memberi di saat lapang, tetapi Een berbeda. 

Dalam keterbatasannya, ia membantu menyiapkan masa depan orang lain dengan cara membagi ilmu dan kasih sayang, serta menjadi sahabat bagi anak didiknya.

“  Ya....bagi beliau Dasar Pendidikan adalah Kasih Sayang dan Peduli terhadap sesama “

            Perempuan yang mendedikasikan hidupnya untuk mengajar anak-anak di sekitar lingkungan tempat tinggalnya ini mendapat kejutan bisa bertemu penyanyi serta dosen favoritnya saat menerima penghargaan khusus dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan penghargaan Special Award dari SCTV.
            Hal inilah yang membuat beliau memperoleh Penghargaan : di antaranya Dompet Dhuafa Award 2010, lalu Education Award dari Bank Syariah Mandiri (BSM), lalu dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kartini Award 2012 dan Tupperware She Can! untuk karya inspiratifnya. Dan baru sabtu kemarin(26/5/2013) Een mendapakan Inspiring Award dari Liputan 6
            Perempuan yang hanya bisa terbaring akibat menderita penyakit rheumatoid arthritis ini langsung menangis haru saat personel Bimbo, Acil, mencium keningnya. Ia juga menangis saat penyanyi lawas Ebiet G Ade menyanyikan dua lagu untuknya. Tangisnya kian menjadi begitu ia bertemu dengan dosen favoritnya, Rektor UPI Prof Sunaryo Kartadinata dan Prof M Surya.
"Terima kasih atas penghargaan ini semua. Saya tidak melakukan banyak hal. Apa yang saya lakukan hanya karena bentuk kecintaan saya pada pendidikan. Saya ingin anak-anak maju dan pintar," katanya saat menerima penghargaan di Gedung BPU UPI, Jalan Setiabudhi, Jumat (7/6/2013).
Een tinggal di Dusun Batukarut RT 01/06, Desa Cibereum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Sumedang. Ia dikenal sebagai seorang pendidik yang dengan suka rela mengajar anak-anak yang datang ke rumahnya.
            Kondisi sakit yang menyebabkan tangan dan kakinya tidak bisa bergerak membuat Een tidak bisa ke mana-mana kecuali tergolek di ranjang. Namun itu tidak menghalangi semangat Een untuk mengajar. Bahkan murid-murid Een tidak sedikit yang mendapat peringkat di kelasnya setelah mengikuti bimbingan belajar di rumah Een. Banyak pula siswanya yang berhasil mencapai tingkat universitas.
            Keikhlasan Een mengajar anak-anak mendapat perhatian dari banyak pihak. Bahkan belum lama ini, ia juga diterima oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ny Ani Yudhoyono di Istana Negara.
"Yang terpenting dalam hidup harus tetap semangat, harus kuat untuk bangkit dari keterpurukan. Dan untuk pendidikan, harus ingat alat pendidikan, selain kewibawaan dan ilmu pengetahuan itu sendiri, adalah cinta kasih atau kasih sayang," kata perempuan lulusan jurusan Bimbingan Penyuluhan IKIP Bandung yang sekarang menjadi UPI ini.
Menurut Rektor UPI Sunaryo Kartadinata, Een telah memberikan inspirasi. Een telah menginspirasi untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan yang diangkat dari nilai-nilai kehidupan yang telah diajarkan.
"Atas nama almamater, kami menyampaikan terima kasih atas pengabdian yang tak pernah putus untuk mencerdaskan anak-anak bangsa tanpa pamrih apa pun. Karena saya yakin yang dilakukan Bu Een tanpa pamrih, kami juga memberikan penghargaan khusus sepanjang hayat

Trimakasih Bu Een....Your a Great Teacher for me, you my inspiration to be a better teacher.

Klik di ssini : Profile Een SukaesihKuliah Umum Bu Een



0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi :